9 Alasan Mengapa Perlu Mempertimbangkan untuk Memberikan Sampel Produk Gratis

0
164

Kotagrosir.com – Baik bisnis Anda sudah berjalan bertahun-tahun atau Anda baru saja meluncurkan sebuah website baru, memberikan sampel produk gratis dapat menarik perhatian para pembeli.

Baca Juga : Jika Tak Memiliki Sifat-Sifat Ini, Jangan Harap Kamu Bisa Menyentuh Sukses di Dunia Usaha!

Anda mungkin berpikir bahwa mengirimkan sampel produk dapat memakan biaya yang sangat besar. Saya dulu sempat ngobrol dengan teman saya : “Kalau saya memberikan 1 sampel produk katakanlah Rp 1000/item. Hanya untuk mencapai 1000 orang, saya butuh Rp 1.000.000 dong ? Mendingan biayanya buat bikin iklan di Facebook, dengan budget Rp 1.000.000 udah bisa dapet berapa likes ?”

Ternyata pernyataan itu belum tentu benar. Memberikan sampel produk mempunyai benefit yang berbeda dari sekedar iklan, dan keduanya juga dapat digunakan bersama-sama. Facebook Ads dan produk gratisan jika dikombinasikan dapat menjadi Call-to-Action yang powerful. Selain itu, benefit-benefit lain yang patut dipertimbangkan adalah :

1. Meningkatkan Awareness

Orang-orang yang belum pernah melihat atau menggunakan merek Anda dapat merasakan experience secara langsung melalui sampel produk Anda. Ketika mereka sudah merasakannya, menyentuhnya, mencium aromanya, melihatnya dan mendengarnya, mereka akan mulai mengerti apa yang Anda jual.

2. Menciptakan Perasaan Timbal Balik (Reciprocity)

Kebanyakan orang merasa lebih dekat dengan perusahaan yang telah mereka coba sampel produknya. Biasanya muncul timbal balik dari hal tersebut. Jika mereka tidak dapat menggunakan produk Anda, mereka mungkin akan memikirkan orang lain yang cocok menggunakannya. Semua orang menyukai sebuah hadiah. Jadilah lebih dermawan untuk memberikan sesuatu pada mereka.

3. Anda dapat memperoleh feedback dan review

Sample dapat membantu Anda untuk mendapatkan masukan dari pelanggan mengenai produk baru Anda dan juga dapat membantu mengisi halaman testimonial Anda. Bersikaplah transparan pada mereka dan beri tahu mereka bahwa Anda menghargai masukan dari mereka. Jika salah satu dari pelanggan Anda adalah blogger, efeknya akan lebih besar lagi. Jika mereka mengulas produk Anda di blog mereka, tentunya produk Anda akan terlihat oleh follower mereka dan akan membantu meningkatkan sales.

4. Anda dapat mencari tahu produk yang paling laku

Sampling program adalah cara yang sangat baik untuk mengetest produk baru. Anda dapat terhindar dari kesalahan memutuskan : terlanjur memproduksinya secara massal, atau terlanjur memesan 1 kontainer produk dari China. Memberikan sampel memungkinkan Anda untuk melihat apakah pelanggan menyukai produk Anda, sebelum Anda menyediakannya dalam jumlah besar.

Perlu diingat bahwa Anda perlu menentukan banyaknya jumlah sampel yang dapat menghasilkan kesimpulan yang akurat. Strategi ini dapat mengamankan cash flow Anda. Dengan sampling, Anda dapat membuat best seller dengan resiko yang lebih rendah.

5. Sampel dapat meningkatkan relationship

Berikan satu atau dua sampel pada pelanggan Anda sebagai sebuah kejutan, dapat disertakan dengan sebuah catatan bahwa Anda mengharapkan masukan dari mereka. Hal ini tentu akan menyenangkan mereka, sekaligus Anda mendapatkan masukan untuk produk Anda. Atau, Anda dapat mendorong pelanggan untuk berbelanja dalam jumlah tertentu untuk mendapatkan free sample.

Anda juga dapat menggunakan free product untuk relationship. Misalnya dengan mengirimkan free sample produk sebagai hadiah untuk pelanggan Anda yang merayakan ulang tahun atau anniversary, agar mereka merasa spesial.

6. Dapat membantu public relation termasuk endorsement

Mengirimkan sampel ke editor maupun blogger memungkinkan mereka untuk memberikan review atau penilaian terhadap produk Anda. Selain itu, jangan lupa bahwa banyak event dan expo yang mencari sampel produk untuk menyertakannya dalam goodie bag mereka untuk diberikan kepada pengunjung.

7. Dapat membantu media sosial

Anda dapat menambahkan hashtag #giveaway untuk produk Anda dan mengajak user untuk menyebarkan informasinya. Tentunya hal-hal yang gratis akan lebih cepat menyebar, dan Anda dapat juga mengkombinasikannya dengan Facebook Ads untuk hasil yang lebih powerful. Anda juga dapat membuat satu page khusus agar pelanggan Anda untuk mendapatkan info mengenai kesempatan mendapatkan free sample dan melihat update dari produk Anda.

8. Dapat meningkatkan penjualan

Pernahkah Anda datang ke supermarket atau sebuah acara pameran dan Anda ditawarkan untuk mencoba sebuah produk baru ? Bagaimana perasaan Anda ? Pada umumnya pelanggan yang mencoba sampel produk Anda, akan lebih merasa mempunyai ikatan dan cenderung meresponnya dengan membeli produk Anda. Entah itu mungkin merasa senang dan ingin membalas tindakan Anda yang positif dengan hal yang positif juga, atau mungkin juga karena gengsi. Namun yang jelas, mencoba sampel produk akan memicu reaksi dari mereka atau setidaknya mereka akan menyambut Anda lebih hangat.

9. Membuat pembeli lebih percaya diri

Khususnya jika Anda hanya berjualan secara online dan tidak memiliki toko offline, produk sampel akan membantu mereka untuk tahu bagaimana fungsi produk Anda dan bagaimana rasanya memakai produk Anda. Terlebih jika produk Anda lebih mahal dari produk sejenis lainnya, atau jika pelanggan Anda belum pernah mendengar tentang Anda sebelumnya, Anda perlu untuk menghilangkan keraguan yang mungkin mereka alami.

images

Akhir Kata

Memberikan sampel produk gratis dapat memberikan benefit yang tidak dimiliki oleh metode lain. Namun, memang tidak semua produk dapat dibuat sampelnya, dan efektivitas untuk berbagai jenis produk mungkin berbeda. Tetapi, Anda dapat mempertimbangkan untuk memberikan sampel produk jika memungkinkan. Mungkin pepatah yang cocok untuk menggambarkan situasi ini : perlakukanlah orang lain sebagaimana Anda ingin diperlakukan. Jika Anda memberikan sesuatu yang positif bagi pelanggan, mereka akan cenderung memberikan reaksi yang positif pada kita.

Baca JugaJika Tak Memiliki Sifat-Sifat Ini, Jangan Harap Kamu Bisa Menyentuh Sukses di Dunia Usaha!

source by : http://goo.gl/fZn6bW