Aneka Resep Sambal Mantab

0
774

Aneka Resep Sambal Mantab

www.kotagrosir.com – Dari Sabang sampai Merauke, hampir seluruh masyarakat Indonesia menyantap sambal sebagai teman makan besar. Nggak hanya memberikan rasa pedas, sambal juga bisa menambah kelezatan dan nafsu makan kita.

Di Indonesia sendiri ada banyak jenis sambal: mulai dari sambal bajak hingga sambal dabu-dabu khas Manado dan lado ijo khas Padang. Dulu untuk menyantapnya, mungkin kamu harus pergi ke restoran atau warung makan tapi sekarang kamu bisa mencoba membuatnya sendiri .

1. Sambal Bajak yang Manis


Aneka Resep Sambal

via elrascooking

Jenis sambal satu ini adalah yang paling sering ditemukan di warung-warung makan, terutama di daerah Jawa Tengah. Rasanya cukup manis dan nggak terlalu pedas, tapi ampuh banget untuk meningkatkan nafsu makan kita.

Membuatnya cukup mudah. Pertama, siapkan bahan-bahan ini:

untuk ditumis:

  • 5 buah cabai merah keriting atau sesuai selera
  • 2 butir bawang merah
  • 1 buah tomat merah
  • Minyak untuk menumis

bahan lainnya:

  • Terasi secukupnya, sangrai terlebih dahulu
  • 2 sendok makan gula merah
  • 2 sendok makan air asam jawa
  • Garam secukupnya.

Setelah siap, tumislah cabai merah, bawang merah, dan tomat secara utuh, nggak perlu dipotong-potong dulu. Kalau sudah terlihat layu, tiriskan minyaknya dan tuang ke atas cobek atau ulekan. Tambahkan terasi, gula merah, dan garam, lalu haluskan sambil disirami air asam jawa.

Jadi, deh sambal bajaknya. Enaknya nih, sambal bajak ini dijadikan cocolan untuk ayam goreng yang gurih. Jangan lupa nasi panasnya. Hmm.. dijamin nambah terus, deh!

2. Sambal Terasi Segar

Aneka Resep Sambal

via masakanlezat

 

Kebanyakan sambal memang bisa dibilang matang karena cabai dan bawangnya digoreng terlebih dulu. Tapi, nggak semua orang suka sambal yang matang. Ada beberapa yang justru suka sambal mentah. Nah, salah satu sambal mentah yang bisa kamu coba adalah sambal terasi segar ini.

Untuk membuatnya, bahan-bahan yang kamu perlu siapkan adalah:

  • 3 buah cabai merah keriting
  • 3 buah cabai rawit merah, kalau nggak ada bisa pakai cabai rawit lain
  • 1 buah tomat ukuran sedang
  • Terasi secukupnya, sangrai terlebih dulu
  • Garam secukupnya
  • 1 buah jeruk limau, optional

Kalau sudah siap semua, ulek cabai, tomat, terasi, dan garam sampai halus. Kemudian untuk menambah rasa dan aroma segar, peras jeruk limau ke atas sambal tersebut. Air jeruk limau ini nggak wajib, kok. Kalau nggak punya, ya nggak perlu dipaksakan.

Sambal terasi segar ini cocok banget untuk teman makan lalapan, tahu goreng, maupun ikan asin goreng. Eh, nasi panasnya jangan lupa, ya!

3. Sambal Bawang
Aneka Resep Sambal
via makanajib

Akhir-akhir ini, sambal bawang mulai nge-hits dan digemari di Indonesia. Salah satunya sih karena sambal bawang ini menjadi oleh-oleh khas sebuah daerah di Jawa Timur. Tapi nggak hanya itu saja, kok. Sambal bawang ini memang digemari karena rasa pedasnya nggak kira-kira dan cocok untuk makanan apa saja. Pokoknya sangat memanjakan lidah para penyuka kuliner dan rasa pedas, deh.

Kalau lagi ingin menyantap sambal bawang ini, kamu nggak perlu repot-repot memesan sambal yang nge-hits itu. Buat sendiri saja di rumah. Gampang, kok. Ini nih bahan-bahan yang perlu kamu siapkan:

  • 7 cabai rawit merah segar; jumlah cabai bisa dilebihkan sesuai selera
  • 3 siung bawang putih
  • 1 butir bawang merah
  • Gula dan garam secukupnya
  • 3 sendok makan minyak goreng untuk menumis.

Kemudian, setelah semua bahan siap, tumis cabai dan bawang dalam minyak yang panas. Jika sudah mulai layu, tiriskan sejenak cabai dan bawang tersebut. Siapkan cobek dan ulekan yang akan digunakan, lalu haluskan cabai dan bawang yang sudah ditumis dengan menambahkan gula serta garam secukupnya. Jadi, deh, sambal bawangnya!

Sambal bawang ini cocok untuk segala jenis makanan. Sambal bawang ini cocok banget untuk teman makan bebek atau ayam goreng. Ditambah lagi dengan nasi dan lalapan, wah nikmatnya sempurna!

4. Sambal Dabu-Dabu

Aneka Resep Sambal

via masakan-kita

 

Sama seperti sambal terasi segar, sambal dabu-dabu juga merupakan jenis sambal mentah yang khas. Bedanya, sambal khas Manado ini nggak diulek atau dihaluskan, hanya diiris-iris kecil saja.

Mendengar nama dabu-dabu, kayaknya sambal ini adalah sambal yang rumit dan nggak semua bisa membuatnya. Padahal sih sebenarnya gampang banget. Caranya, siapin dulu nih bahan-bahan ini:

  • 4 buah cabai merah besar, iris bulat
  • 5 buah cabai rawit hijau, iris bulat
  • 5 butir bawang merah, iris tipis
  • 1 buat tomat merah, buang bijinya dan potong kotak
  • 1 sendok teh garam
  • ¾ sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh air jeruk nipis
  • 5 sendok makan minyak goreng, panaskan.

Kemudian, iris seluruh bahan-bahan tersebut dan tuangkan pada sebuah mangkuk. Siramkan air jeruk nipis ke dalamnya, aduk-aduk sampai rata. Terakhir, panaskan minyak goreng dan tambahkan ke dalam mangkuk.

Selesai, deh! Nah, sambal dabu-dabu ini paling cocok kamu santap dengan nasi panas dan juga ikan bakar. Kebayang ‘kan lezat dan segarnya?

5. Sambal Matah

Aneka Resep Sambal

via sambalmatah

 

Kalau sambal dabu-dabu asalnya dari Manado, sambal matah yang segar ini asalnya dari Bali. Sambal matah juga merupakan jenis sambal mentah segar yang tanpa diulek atau dihaluskan, sama seperti sambal dabu-dabu. Hanya saja bahan-bahan pembuatnya agak sedikit lebih banyak, yaitu:

  • 4 butir bawang merah, iris halus
  • 5 cabai rawit merah, iris bulat
  • 5 cabai hijau, iris bulat
  • 3 tomat hijau, iris kotak
  • 2 batang serai, iris tipis bagian putihnya saja
  • 1 sendok teh terasi, bakar atau sangrai terlebih dulu
  • Garam dan gula secukupnya
  • 3 lembar daun jeruk, iris tipis
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • 3 sendok makan minyak goreng, panaskan sebentar

Untuk membuatnya, kamu hanya tinggal mencampur bahan-bahan tersebut ke dalam mangkuk, kok. Dan sebagai sentuhan terakhirnya, tuangkan minyak goreng yang telah dipanaskan ke dalam mangkuk tersebut dan siramkan air jeruk nipis untuk menyeimbangkan rasa. Yeay, jadi deh! Nggak hanya rasanya yang enak dan segar, warnanya pun cantik dan membuat kita semakin nafsu makan. Cocok banget dimakan bareng nasi panas dan ikan atau seafood bakar.

6. Sambal Tomat

Aneka Resep Sambal

via tips-cara

 

Sekilas, sambal tomat ini memang mirip dengan sambal bajak. Wajar saja, beberapa bahan-bahannya memang sama dan prosesnya juga sama-sama digoreng. Namun bedanya ada pada rasa. Sambal tomat rasanya lebih segar, asin, dan gurih dibanding sambal bajak.

Kalau ingin mencicipi perbedaannya, kamu bisa nih mencoba membuatnya sendiri. Bahan-bahan yang kamu butuhkan:

  • 7 buah cabai merah, atau sesuai selera
  • 3 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 buah tomat
  • 1 sendok teh terasi, bakar atau sangrai terlebih dulu
  • Garam dan gula secukupnya
  • Minyak goreng

Langkah membuatnya:

  • Goreng cabai, bawang, dan tomat dalam minyak panas sampai layu. Angkat dan tiriskan
  • Siapkan cobek dan ulekan. Masukkan garam, gula, dan terasi.
  • Tambahkan cabai, bawang, dan tomat yang sudah digoreng. Ulek sampai halus.

Sudah jadi, deh. Siap dinikmati bersama ayam goreng dan nasi panas. Kalau ingin lebih segar, kamu bisa menambahkan air perasan jeruk limau ke atas sambal tersebut.

7. Sambal Mangga

Aneka Resep Sambal

via jagat-reset

 

Sambal di Indonesia memang unik-unik jenisnya. Salah satunya ya sambal mangga ini. Walaupun menggunakan buah mangga sebagai bahan utama, sambal ini cocok dan enak banget untuk disantap bersama nasi serat lauk-pauk.

Bahan-bahan yang kamu perlukan untuk membuatnya:

  • 2 buah mangga muda, potong korek api
  • 6 buah cabai merah keriting, bisa disesuaikan selera
  • 3 buah cabai rawit merah, bisa disesuaikan selera
  • 1 sendok makan gula merah
  • Garam dan terasi secukupnya
  • Air sedikit saja

Cara membuatnya:

  • Kupas dan iris mangga muda sebesar ukuran korek api. Jika ingin lebih tebal atau lebih tipis juga bisa.
  • Ulek cabai, gula merah, garam, dan terasi sampai halus.
  • Tambahkan sedikit air supaya sambal nggak kering. Sedikit saja, kira-kira 1 sendok makan.
  • Masukkan mangga muda ke dalam cobek. Aduk rata sampai semua tercampur dengan sambal.

Siap dihidangkan, deh! Sambal mangga ini enak banget lho untuk disantap bersama dengan panganan laut atau seafood. Cocok dihidangkan saat kumpul atau acara keluarga. Yummm!

8. Sambal Belut

Aneka Resep Sambal

via sambal-praktis-kering blog

 

Ini juga salah satu sambal unik di Indonesia nih. Belut yang biasanya menjadi lauk, kali ini justru dijadikan bahan utama dari sambal. Mau mencobanya? Yuk, siapin bahan-bahan ini dulu:

  • 250 gram belut, buang isi perutnya dan cuci bersih
  • 10 buah cabai rawit merah
  • 3 buah cabai rawit keriting
  • 2 siung bawang putih
  • Garam dan gula secukupnya

Nah, kalau sudah siap semua, ikuti langkah-langkah ini:

  • Goreng belut dalam minyak panas sampai kering. Angkat, tiriskan. Kalau sudah agak dingin, bagi belut menjadi 3 bagian.
  • Goreng cabai rawit dan cabai merah sampai layu. Nggak perlu pakai minyak yang baru. Pakai saja minyak bekas menggoreng belut untuk menambah cita rasa. Angkat, tiriskan.
  • Ulek cabai yang telah digoreng bersama bawang, garam, dan gula sampai halus.
  • Masukkan belut. Penyet-penyet sedikit, lalu aduk merata hingga seluruh belut tercampur dengan sambal.
  • Terakhir, siram sambal tersebut dengan 1 sendok makan minyak bekas menggoreng belut.

Bagaimana? Gampang, ‘kan? Rasanya juga enak, lho. Cocok disantap bersama nasi panas, tahu, dan juga tempe goreng.

9. Sambal Lado Ijo

Aneka Resep Sambal

via padangfood

 

Siapa coba yang nggak suka sambal lado ijo atau cabai hijau yang ada di rumah makan khas Padang? Nggak terlalu pedas tapi rasanya begitu khas dan menyatu dengan lauk penuh santannya. Mantap deh pokoknya.

Untuk bisa menyantapnya, kamu nggak harus selalu ke rumah makan khas Padang, kok. Membuat sendiri untuk sambal sehari-hari juga nggak sesulit yang dibayangkan. Ini nih caranya:

Pertama, siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 100 gram cabai hijau keriting, rebus
  • 3 tomat hijau, potong jadi 2 bagian dan rebus
  • 4 butir bawang merah, kupas dan rebus
  • 2 siung bawang putih, kupas dan rebus
  • Garam dan gula secukupnya
  • Minyak goreng

Kemudian, ikuti langkah-langkah ini:

  • Rebus cabai hijau, tomat hijau, bawang merah, dan bawang putih sampai layu. Pastikan warna cabai hijau sudah berubah. Angkat dan tiriskan.
  • Ulek seluruh bahan tersebut bersama dengan garam dan gula secukupnya sampai halus.
  • Panaskan minyak, lalu tumis sambal tersebut sampai harum.

Jadi, deh sambal lado ijonya. Dihidangkan bersama apa saja pasti enak, kok. Dan pastinya, bikin kamu nggak bisa berhenti makan. Hehehe.

10. Sambal Kecap

Aneka Resep Sambal

via keepo

 

Sambal yang satu ini juga cukup legendaris. Nyaris di seluruh restoran, warung makan, atau bahkan rumahmu sendiri pasti menyediakan atau pernah membuatnya. Rasanya manis-pedas tetapi juga segar karena bahan-bahan yang digunakan masih fresh dan tidak digoreng. Mau coba membuatnya? Siapin dulu bahan-bahan ini:

  • 5 buah cabai rawit hijau, iris bulat dan tipis
  • 2 buah cabai merah keriting, iris bulat dan tipis
  • 1 buah tomat, iris kotak
  • 2 butir bawang merah, iris tipis
  • Kecap manis sesuai selera

Kemudian, iris seluruh bahan tersebut dan campurkan ke dalam sebuah mangkuk. Tambahkan kecap manis sesuai selera dan voilà! Siap dihidangkan bersama ayam dan ikan bakar.

11. Sambal Petai

Aneka Resep Sambal

via annieliciousfood

 

Wah, kalau sambal yang satu ini pasti punya fans tersendiri nih. Siapa lagi kalau bukan para penggemar petai. Bagi kamu yang suka petai, sambal ini mungkin sumber dari segala kelezatan makanan yang kamu santap. Dan pastinya, kamu pasti nggak bisa berhenti melahapnya.

Pertama-tama, siapkan bahan yang dibutuhkan:

  • 2 papan petai, buka kulit dan belah jadi 2
  • 6 buah cabai merah keriting
  • 2 siung bawang putih
  • 4 buah cabai rawit merah
  • 2 butir kemiri
  • 2 sendok teh gula merah
  • ½ gelas air
  • Garam secukupnya
  • Minyak untuk menumis

Lalu, ulek seluruh bahan-bahan tersebut sampai halus; kecuali petainya ya. Panaskan minyak dan tumis bumbu halus tersebut hingga harum. Masukkan petai ke dalam tumisan, masak sampai petainya layu. Tuangkan ½ gelas air, aduk-aduk dan masak hingga sambal mengental. Siap disajikan, deh!

Untuk yg malas dan tidak mau repot – repot membuat sambal apalagi perut sudah lapar , nggak ada salahnya mencoba salah satu sambal yang sudah jadi “Golden Chilli’s SAMBAL TERI” cocok untuk para pencinta sambal.

 

sumber : http://www.hipwee.com