Membangun Bisnis di Usia Muda

0
183

Usia muda merupakan usia dimana orang memiliki spirit dan ambisi yang kuat terhadap tujuan yang ingin ia raih.

bangun bisnis di usia muda
bangun bisnis di usia muda

Setiap pemuda pasti menginginkan sukses di usia mudanya dan cepat – cepat untuk membahagiakan orang tua dan keluarganya. Apakah semua ini dapat kita capai hanya dengan berdiam diri saja ?. Tentu tidak, semuanya butuh waktu, kerja keras, semangat, strategi, dan doa.

Salah satu bidang yang kerap menjadi impian pemuda untuk meraih kesuksesan adalah  bidang kewirausahaan. Bagaimanakah cara memulai dan membangun bisnis di usia muda ?.

Sekolah dan Bisnis

Jika berbisnis di usia muda tentu erat kaitannya dengan masa pendidikan, baik itu tingkat sekolah menengah, atas, maupun perguruan tinggi.

Salah satu masalah yang sering dialami ketika berbisnis di usia muda adalah manajemen waktu dan menentukan fokus antara sekolah dengan bisnis. Jadi, sebelum lanjut pada cara untuk memulai sebuah usaha ada baiknya kita mengetahui cara untuk menyeimbangkan antara sekolah dengan bisnis.

Tanggung jawab yang utama dari seorang pelajar kepada orang tuanya adalah belajar dan memperoleh hasil yang baik. Jadi, disaat nanti kita sudah memulai sebuah usaha tetap utamakanlah sekolah, setelah itu baru membangun bisnis.

Kapan waktu yang tepat untuk membangun bisnis ?, berikut poin – poinnya :

  1. Waktu Luang

Waktu luang, seperti libur sekolah, jam kuliah kosong, pulang sekolah cepat, libur semester, dan hari libur nasional merupakan waktu luang yang sangat efektif untuk membangun bisnis.

Usahakanlah 50% dari waktu – waktu di atas diisi oleh kegiatan untuk membangun bisnis Anda. Lalu, 50% waktu lainnya digunakan untuk mengerjakan tugas sekolah, istirahat, dan membangun relasi bisnis.

  1. Malam Hari

Memang membangun bisnis tersebut tidaklah mudah, butuh waktu untuk mencapai kesuksesan. Waktu lainnya yang dapat digunakan untuk membangun sebuah bisnis adalah di malam hari.

Syarat yang harus dipenuhi untuk membangun bisnis di malam hari adalah tugas – tugas sebagai seorang pelajar harus tuntas terlebih dahulu. Serta, tambahlah asupan nutrisi, kebugaran jasmani, dan makanan Anda.

Kapan waktu yang tidak tepat untuk membangun bisnis ?, berikut poin – poinnya :

  1. Waktu Belajar

Nah, ketika kita sedang belajar bersungguh – sungguhlah dalam belajar. Usahakan tidak terlalu banyak memikirkan mengenai bisnis Anda. Cobalah untuk disiplin, ketika belajar, sungguh – sungguhlah dalam belajar.

  1. Waktu Mengerjakan Tugas

Ketika kita memiliki tugas sekolah utamakanlah untuk mengerjakan tugas sekolah tersebut, dan disaat pengerjaan tugas sekolah tersebut usahakanlah untuk meminimalisir memikirkan mengenai bisnis.

Setelah tugas selesai barulah bisnis kita bangun.

Eloknya Membuka Bisnis di Usia Muda

Jika dahulu pekerjaan impian orang – orang adalah menjadi PNS yang tergambar bahwa kehidupan akan lebih terjamin dengan gaji yang tetap dan gaji pensiunan untuk hari tua. Namun, sekarang ini pekerjaan impian tersebut mulai digantikan oleh impian untuk menjadi seorang pebisnis.

Jadi, kita tak heran lagi saat ini ada anak SMA dan anak kuliah yang sudah memiliki omset bisnisnya bisa sampai 100 juta rupiah dalam sebulannya. Ingin seperti mereka ?. Inilah alasan kenapa anak muda itu “elok” untuk membuka bisnis.

  1. Kekuatan Internet

Apakah pembaca masih memiliki berbagai permasalahan mengenai bisnis ?. Ketika ada permasalahan untuk saat ini tidak ada lagi alasan untuk tidak tahu akan memulai bisnis apa, karena internet sekarang ini telah memuat berbagai macam informasi.

Mulai dari bagaimana memulai bisnis hingga cara mendapatkan modal bisnis dengan mudah dan gampang. Bahkan, saat ini kita bisa memulai bisnis hanya dengan modal finansial kurang dari 100.000.

Pemasaran untuk bisnis apapun pada saat ini tidak susah sama sekali, kita bisa memasarkan bisnis dengan GRATIS di berbagai situs dan membuat blog (http://prolapak.com/cara-membuat-blog), seperti kaskus, OLX, tokopedia, kotagrosir, bukalapak, dll.

  1. Mengisi Waktu Kosong

Permasalahan seperti kenakalan remaja dan narkotika salah satunya disebabkan oleh pemanfaatan waktu kosong yang tidak baik. Berbisnis adalah cara yang tepat untuk mengisi waktu kosong dengan sesuatu yang bermakna dan bernilai tinggi untuk masa depan.

Jadi, ayo mulai bisnis Anda sekarang, manfaatkan waktu Anda dengan hal yang bermanfaat dan menjamin masa depan.

  1. Tambahan Uang Saku

Hal yang sangat menyenangkan bila kita mendapatkan hasil dari bisnis kita berapapun itu jumlahnya. Dengan membangun bisnis di usia muda, selain uang dari orang tua, sebaiknya kita juga mencari uang dengan usaha sendiri, hal ini bisa berguna sebagai tabungan dan tambahan uang saku pribadi.

Memulai

            Mindset Bisnis

Tahap pertama dalam memulai bisnis adalah mengatur mindset dari diri sendiri terhadap bisnis. Apa saja bentuk dari mindset bisnis tersebut ?.

Bisnis tidak ada melalui cara – cara yang instan, semua bisnis membutuhkan tenaga, modal, pemikiran, dan strategi yang harus kita miliki. Jauhkanlah pemikiran bahwa bisnis itu merupakan jalan untuk cepat kaya dan mendapatkan uang dalam hitungan menit.

Dasar Berbisnis

Dasar berbisnis yang harus dimiliki adalah pemahaman mengenai modal – modal dalam berbisnis. Modal dalam berbisnis itu tidak hanya modal finansial (uang), tetapi, ada modal – modal lain, seperti modal karakter (motivasi), modal ilmu, dan modal sosial yang harus dipenuhi sebelum memenuhi modal finansial.

Ketika Anda memutuskan untuk berbisnis di bidang fashion, pahamilah dasar – dasar mengenai fashion, seperti jenis bahan, ukuran, dan keunggulannya untuk diberitahukan pada konsumen.

Menemukan Ide

Ide merupakan awal dari sebuah bisnis berjalan. Jadi, untuk memulai sebuah bisnis temukanlah ide yang sesuai dengan kepribadian dan passion dari diri sendiri.

Salah satu cara menemukan ide bisnis apa yang hendak dijalankan adalah dengan menemukan passion dari diri sendiri. Lalu, menjadikannya sebagai sebuah bisnis.

Misalnya, Anda memiliki passion di bidang olahraga, lebih spesifik pada bela diri karate. Apa yang dapat Anda bisniskan ?.  Menjual seragam, sabuk, aksesoris, lambang, dan video mengenai karate merupakan barang – barang yang dapat Anda jual.

Ideas are easy, but implementation is hard.

Set Your Goal and Make Planning

Setelah ide ditemukan, aturlah target dari bisnismu. Misalnya, dalam satu bulan ini berapa penjualan yang hendak ditargetkan, kemudian, berapa target omset dalam jangka waktu tiga bulan.

Kemudian, rencanakan pula apa yang hendak dilakukan di hari pertama dan beberapa hari kemudian.

Membangun Bisnis

Jika bisnis yang Anda jalani telah berjalan, berikutnya adalah cara dan strategi untuk membangun bisnis.

            Disiplin dan Konsisten

Apapun bisnis yang dijalankan disiplin dan konsisten adalah dua hal yang harus dimiliki ketika berbisnis. Disiplin dalam mengatur waktu, serta melaksanakan tindakan yang tidak keluar dari fokus Anda.

Konsisten akan mendongkrak diri Anda untuk lebih profesional dalam mengatur waktu. Misalnya, konsisten dalam hal pemasaran atau update blog.

Cashflow

Yang harus dipahami dalam membangun bisnis adalah pengelolaan uang, apapun bisnis akan berhubungan dengan uang. Bisa saja bisnis Anda yang sedang jaya hancur karena pengelolaan keuangan yang tidak tepat.

Cashflow adalah salah satu manajemen keuangan yang harus Anda pahami. Cashflow merupakan pengaturan dari alur kas uang bisnis kita. Tidak selamanya setiap transaksi akan menghasilkan uang, bisa saja orang yang membeli melakukan kredit terhadap barang yang mereka beli, bila pembeli melakukan kredit berarti uang belum sepenuhnya di tangan kita.

Jadi, usahakanlah setiap transaksi dari bisnis disisihkan, uang kas bisnis, uang pemasaran, dan uang untuk Anda.

Jangan samakan pula antara keuangan pribadi dengan keungan bisnis.

Pemasaran

Kemudian, tanpa pemasaran bisnis tidak akan dikenali oleh masyarakat. Memasarkan bisnis ke berbagai media merupakan suatu keharusan dalam jangka panjang.

Ciptakanlah strategi pemasaran (http://prolapak.com) yang sederhana, namun, bernilai tinggi. Seperti memanfaatkan media sosial, website/blog, kartu nama, dsb.

Membangun Relasi

Yang tak boleh Anda lupakan dalam membangun bisnis adalah membangun relasi bisnis. Relasi sangat berperan dalam suatu bisnis, banyak hal yang kita dapatkan dengan memiliki relasi bisnis, seperti bantuan modal, ilmu, stok produk, dan kesempatan kerja sama.

Situs linkedin.com merupakan salah satu situs yang dapat digunakan untuk membangun relasi bisnis.

Apapun bisnis, tanpa kerja keras dan semangat juang yang tinggi bisnis tiada artinya. Sehebat apapun kemampuan otak Anda dalam merencanakan bisnis, tanpa satu langkah praktek bisnis Anda tidak akan pernah terwujud.

Demikian saja artikel bisnis ini. Semoga bisa memberikan perubahan pada Indonesia.

Tentang Penulis

Hello pembaca blog KotaGrosir yang luar biasa. Perkenalkan nama saya Reyhan Ivandi, biasa dipanggil Ivan. Sedang menempuh pendidikan di tingkat SLTA di Provinsi Sumatera Barat.

Sangat menyukai dunia IM, SEO, dan Blogging yang dituangkan dalam situs PROLAPAK.COM (http://prolapak.com).