7 Trik Ini yang Akan Membuat Hasil Foto Makanan Terlihat Keren di Media Sosial

0
529

7 Trik Ini yang Akan Membuat Hasil Foto Makanan Terlihat Keren di Media Sosial

www.kotagrosir.com – Sekarang ini, memfoto makanan sudah menjadi tren bagi banyak orang. Selain digandrungi banyak kalangan, tren yang satu ini bahkan sudah melebihi foto selfie. Baik makanan di tempat nongkrong ataupun di rumah seringkali mengisi laman media sosialmu sebagai bukti eksistensi. Gak jarang kamu akan gunakan Facebook, Twitter, Instagram atau Path menjadi tempat menyebar foto jepretan.

Nah agar hasil jepretan makananmu terlihat keren dan mengundang like dari banyak orang, pastikan kamu bikin gambar yang bagus dan tidak asal-asalan ya. Untuk mewujudkannya, beberapa tips dari Hipwee ini bisa kamu terapkan.

1. Makanan terlihat lebih menarik jika difoto pada angle yang pas. Misalnya dari samping atau tepat dari atas.

Agar gambar makanan yang kamu jepret lebih menarik perhatian teman-temanmu di media sosial, posting lah foto yang enak dipandang. Kamu bisa memainkanangle pengambilan gambar. Jika memotret dari pojok atas menjadi tren di awal tahun 2000-an, sekarang ini memotret tepat dari atas makanan justru lebih mengundang like. Meski kamu harus jinjit lebih tinggi untuk memotretnya, gambar yang dihasilkan bakal lebih enak dipandang. Selain itu, kamu juga bisa memotret dari samping, tepat dari samping.

2. Agar resep masakan dan gambar yang kamu bagikan dilirik orang, kemas saja dengan jepretan foto ala seniman

Kamu ingin membagikan makanan hasil masakanmu sendiri? Tak melulu kudu yang sudah jadi kok, bahan yang kamu gunakan juga bisa menarik perhatian. Asal kamu kemas dengan cara yang beda dari biasanya, misalnya ditata rapi seperti contoh di atas.

Caranya, siapkan meja atau tempat yang agak lebar. Lalu tata bahan dan bumbu yang kamu gunakan. Tak perlu semuanya, ambil sedikit saja sebagai perwakilan. Lalu tata menjadi persegi dengan dibatasi panci/teflon sebagai pambatasnya. Dengan cara seperti ini, fotomu pasti akan terlihat menarik layaknya jepretan seniman berpengalaman.

3. Kamu tak perlu takut menampakkan tangan pada frame gambar, hal ini justru bikin hasil fotomu tampak hidup dan bicara.

Selama ini mungkin dari kita lebih suka memotret makanan tanpa gangguan. Padahal, jepretan yang menarik itu tak melulu begitu kok. Kamu bisa melibatkan tangan pada frame gambar. Kamu bisa berpura-pura ingin mengambil makanan dengan alat makan lalu jepret dari atas dengan filter yang tepat. Jika minuman atau eskrim, kamu bisa memegangnya dan potret dari samping. Atau kamu juga bisa memotret kopi saat sedang menuangkan gula. Dengan cara seperti ini, foto makananmu jadi lebih hidup. Gak heran kalau yang lihat juga pasti ingin ikutan makan.

4. Tak melulu semua makanan harus masuk jepretan, tampak sebagian saja malah bikin orang lain penasaran.

Siapa sih yang gak senang mendapatkan banyak like dari teman-teman di media sosial? Nah, salah satu trik agar foto makananmu terlihat indah adalah memotret piring sebagian saja. Letakkan makanan atau minuman di atas meja, lalu potret setengah, atau tigaperempat bagian. Kamu bisa menambahkan sendok atau gelas di sisi yang kosong. Tapi pastikan jangan saling bertempelan ya, cara ini bikin makananmu tampak indah saat dilihat orang.

5. Agar jepretanmu lebih bagus lagi, gak ada salahnya manfaatkan filter yang ada di kameramu sendiri. Tapi pastikan kamu memilih yang paling pas, ya!

Kamu lebih suka memotret menggunakan kamera smartphone atau iphonemu? Agar gambar yang dihasilkan lebih enak dipandang, gunakan saja filter yang ada di kamera. Misalnya, Lomo-Fi, Hefe, Toaster atau yang lainnya. Selain itu, kamu juga bisa potong gambar jika memang jepretanmu kurang pas. Dengan cara seperti ini fotomu pasti lebih mengundang perhatian.

6. Letakkan makanan di dekat jendela dengan papan putih di depannya. Jepret dan lihat hasilnya!

Menghasilkan gambar yang indah itu gak melulu kudu dibawa ke studio mahal kok. Kamu bisa memanfaatkan sinar dari luar jendela. Letakkan makanan di meja, lalu posisikan sinar dari jendela tepat pada posisi jarum jam 1. Tambahkan papan putih atau papan yang sudah ditutupi kain putih di jarum jam 8. Setelah itu, potret pada posisi jarum jam 6. Dengan fokus yang tepat, dijamin jepretanmu bisa terlihat lebih menawan.

7. Lokasi pemotretan gak harus di dapur atau meja makan kok. Suasana outdoor sah-sah saja kamu gunakan agar makanananmu tampak lebih segar.

Siapa bilang memotret makanan atau minuman itu harus diletakkan di meja? Suasana luar ruangan justru membuat jepretanmu tampak menggoda lho. Kamu bisa manfaatkan rumput di halaman, ukiran keramik unik di lantai, pasir, atau tumpukan buku. Dengan cara seperti ini, makananmu pasti tampak lebih segar dan menggoda untuk dimakan.

Tidak lupa juga untuk memasang cover pada handphone anda agar tidak kotor bila terkena noda makanan.

sumber : http://www.hipwee.com/