Membuat Toko Online Ramai Dengan Cara Unik

0
831

Membuat Toko Online Ramai Dengan Cara Unik

Kotagrosir.com – Saat ini banyak para penjual di toko online yang meniru produk dan cara berjualan dari para penjual toko online yang telah ada dan sebagian besar menirunya. Apakah itu salah? Tentu saja tidak karena anda meniru untuk hal yang baik. Kesuksesan sesorang perlu ditiru namun alangkan baiknya bila kita tidak meniru sampai 100% sama. Lalu mengapa kita tidak boleh meniru sampai 100% sama?

Baca juga : Cara Meningkatkan Omzet Toko Online Anda

Katakanlah contoh mudahnya ada seorang penjual jeruk A  dipasar dimana penjualan dia sangat laku dan pada saat itu tidak ada penjual jeruk lainnya. Kemudian orang lain mulai meniru menjual jeruk yang sama persis seperti penjual A. Alhasil baik pendapatan penjual A akan menurun karena pelanggannya terbagi dan penjual yang lain pun tingkat penjualannya begi – begitu saja karena hanya mengambil pelanggan yang biasa membeli dari penjual A. Namun beda ceritanya bila bila ada penjual B yang menjual jeruk Mandarin karena melihat penjual A tidak menjual  jeruk import (hanya lokal )

Banyak toko online yang meniru habis sama seperti toko online yang telah ada . Menurut mereka bahwa kalo toko online sebelah bisa laku maka saya pun dengan menirunya akan ikut laku juga. Namun tunggu dulu. Ada beberapa hal yang mungkin tidak anda perkirakan.

  • Perang harga

Meniru barang dari toko online sebelah dan anda menjualnya dengan selisih harga sedikit lebih murah dengan harapan pembeli akan beralih kepada anda. Tapi jangan salah toko online yang sudah lama ada rata-rata sudah ada pemasok kuat dan bila mereka melihat dipasaran ada toko online yang menjual lebih murah dari mereka, maka mereka akan menurunkan harga lebih murah dari anda dan kalau perlu diskon besar – besaran. Nah apakah anda kuat mengikuti mereka atau malah tedepak ?

  • Kemampuan Stock

Kemampuan stock barang juga ikut berpengaruh. Antara beli lusinan dan per satuan tentu beda hasil dan resiko. Kalau toko online ingin untung dengan selisih harga besar maka pembelian secara per karton atau lusinan namun reskio barang mati lebih besar disamping keuntungan yang besar juga . Jika dengan lusinan / per karton per unit anda beli Rp 25.000 anda bisa menjualnya bisa Rp 50.000 ( markup 50%) . Namun bila anda membeli secara satuan keuntungan anda kecil namun resiko barang mati kecil. Nah rata – rata toko online yang besar membeli barang untuk stock secara per karton / lusinan. Dapatkah anda mengikutinya agar memperoleh keuntungan maximal ?

  •  Kepercayaan Konsumen

Toko online yang sudah berjual beli dalam waktu lama tentunya sudah memiliki nilai kepercayaan dari konsumen ketimbang yang masih baru. Pertanyaan dari para pembeli yang akan membeli produk dari toko online anda yang masih baru adalah lokasi toko online  anda dan ingin melihatnya. Mereka ingin menyakinkan bahwa transaksi dan toko online anda benar – benar ada.

Dengan melihat hal diatas apakah toko online anda yang masih baru tidak bisa bersaing dengan toko online yang sudah ada ? Tentu saja bisa. Anda bisa meniru proses, tampilan dan contoh produk – produknya tapi anda sendiri harus merancang dimana toko online anda mempunyai keunikan tersendiri dari toko online yang sudah ada. Bila toko online anda sama dengan toko online yang sudah anda orang akan lebih memilih toko online yang telah lama ada. Tapi bila toko online anda mempunyai keunikan tersediri dimana tidak ada di toko online yang sudah ada maka pembeli akan tertarik kepada toko online anda. Seperti contoh penjual B jeruk diatas, dia meniru penjual jeruk A namun dia membuat jualannya berbeda dari A walaupun masih sama – sama menjual jeruk. Intinya buatlah toko online dan produk anda berbeda dan unit dihadapan konsumen anda.

Baca juga : Cara Meningkatkan Omzet Toko Online Anda

sumber : kotagrosir.com