Trik Mengumpulkan Modal Usaha dalam 12 Bulan

0
398

Kotagrosir.com – Banyak orang yang mengurungkan niat mereka dalam melangkah untuk membuka usaha sendiri karena terbentur masalah modal. Tidak cukup modal itu sudah menjadi alasan klasik banyak orang. Memang modal adalah salah satu syarat selain niat dan kegigihan dalam memulai suatu usaha tapi jangan menjadikan modal sebagai penghambat anda membuka usaha sendiri.

Baca juga : Tanda Kalau Anda Cocok Untuk Segera Masuk ke Dunia Usaha

  1. Tentukan berapa besar modal untuk dana usaha

Sebelum anda memikirkan besarnya modal untuk usaha anda , ada baiknya anda memperkirakan berapa nominal modal yang anda butuhkan. Misal modal yang anda butuhkan Rp.10.000.000 maka modal yang ada kumpulkan tiap bulan Rp 833.000 (Rp 10.000.000 : 12 bln). Dengan adanya nominal maka target anda lebih mudah terfokus.

  1. Sisihkan 25% pendapatan anda

Untuk mengumpulkan dana anda harus mengumpulkan dana dari pendapatan tiap bulannya 10 – 25 % dari sumber dana. Bila anda masih mahasiswa , anda bisa menyisihkan pendapatan dari uang saku sebesar 50%.

  1. Mencari pendapatan tambahan lain

Bagi anda yang masih ada waktu luang tidak ada salahnya mencari tambahan pendapatan . Misalnya pekerjaan paruh waktu atau berjualan kecil – kecilan secara online.

  1. Kurangi kebiasaan berbelanja dan nongkrong di café

Segala kebutuhan yang tidak penting harus dipangkas dan dialokasikan pada modal usah anda.

  1. Menjual barang bekas

Salah satu sumber dana lainnya adalah dengan menjual barang bekas yang tidak terpakai lagi tapi masih layak pakai.

  1. Join Venture

Semua modal tidak hanya anda sendiri yang menanggung bebannya tapi bisa juga dengan mengajak keluarga atau teman untuk ikut bergabung. Beban modal anda bisa sedikit berkurang disamping itu juga anda bisa bertukar pikiran dengan mereka.

  1. Arisan

Arisan bisa juga menjadi salah satu alternative untuk menghasilkan uang . Pilihlah arisan yang tidak terlalu membebani pengeluaran anda dan juga pilihlah arisan yang bisa dipercaya.

  1. Pinjaman ke Bank

Sebelum anda meminjam uang dari bank ada baiknya anda meminjam ke orang tua anda. Selain tanpa bunga , cicilan bisa dibayarkan ke orang tua lewat laba usaha anda . Pinjaman ke orang tua hanya bersifat tambahan modal saja bukan modal keseluruhan usaha anda.

 

Baca juga : Tanda Kalau Anda Cocok Untuk Segera Masuk ke Dunia Usaha

sumber : kotagrosir.com